Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Warga Sambeng Borobudur Gelar Upacara HUT RI ke-79 di Tengah Sungai Progo

Borobudur, kabarMagelang__Ada yang unik dari kegiatan upacara peringatan hari kemerdekaan ke-79 RI di Dusun Gleyoran, Desa Sambeng, Kecamatan Borobudur, Sabtu (17/8/2024). Ratusan warga yang di dusun tersebut memanfaatkan Sungai Progo sebagai lokasi upacara bendera.

Upacara dikemas cukup menarik, di mana tiang Sang Saka Merah Putih sengaja ditancapkan di atas gethek (perahu dari bambu) yang berada di tengah sunga.

Saat upacara berlangsung, para pengibar bendera menghampiri tiang bendera dengan cara menaiki gethek lainya hingga diakhiri proses pengibaran bendera.

Diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, para peserta upacara yang berasal dari komunitas, mahasiswa, pelajar SD MI dan guru setempat, serta  puluhan warga ini dengan khidmat mengikuti prosesi pengibaran sang saka merah putih.

Ada pesan yang ingin mereka sampaikan dalam peringatan HUT ke-79 RI ini, yaitu peduI lingkungan dan  wisata budaya.

Salah satu penggerak warga Dusun Gleyoran Siti Nurhidayah mengungkapkan, upacara yang dilaksanakan di Sungai Progo ini kali keduanya dan akan dilakukan setiap tahun.

“Tujuanya untuk meningkatkan rasa patriotisme terhadap anak-anak maupun warga, serta meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan maupun alam, dengan harapan sungai lebih Lestari, sehingga bisa terus dinikmati sampai anak cucu nanti,” jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatan dalam upacara tersebut, Siti Nurhidayah, menyebutkan, ada beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan secara sederhana.

“Untuk rangkaian acara sebenarnya sederhana saja yaitu pengibaran bendera, usai upacara dilanjutkan dengan penebaran benih ikan, serta aksi bersih-bersih sungai,” ujarnya.

Selain itu upacara yang dilaksanakan di atas prahu gethek juga berkasud untuk mengangkat dan mempromosikan wisata budaya yang ada di dusun tersebut.

“Kebetulan kan kita juga sedang mengagkat wisata budaya. Kebetulan gethek itu salah satu daya tarik wisata di sini. Nah kita juga terus melestarikan budaya gethek itu,” paparnya.

Wanita yang akrab disapa Dayah ini berharap pada HUT RI ke 79 ini Masyarakat lebih sadar tentang lingkungan dan alam sekitar.

“Sehingga wisata budaya yang sedang kami kelola ini kedepan lebih baik lagi,” ucap Dayah.

Sementara salah satu peserta  siswa SD MI Sambeng, Muhammad Ali Akso, mengaku senang bisa mengikuti upacara di tengah sungah.

“Saya baru pertama kali ikut upacara di atas gethek. Kalau upacara di sekolahan kan sudah biasa. Pokoknya senang,” kata siswa klas V ini. (haq).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply