Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Sosialisasi Pengawas Partisipatif, Camat Borobudur : Pemilukada 2024 Sukses Tanpa Ekses

Borobudur, kabarMagelang__Peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilihan 2024 , merupakan salah satu faktor pemilukada 2024 di Borobudur berjalan sukses tanpa ekses. Hal tersebut disampaikan Camat Borobudur H.Subiyanto SH, saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi pengawasan pertisipatif yang diselenggarakan oleh Panwascam Borobudur di pendopo Omah Budur, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, baru-baru ini.

Subiyanto menerangkan bahwa partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi tahapan pemilihan 2024 sangat penting. Selain sebagai kontrol langsung, juga bisa meminimalisir terjadinya penggaran baik oleh peserta pemilihan maupun penyelenggara.

“Oleh karena itu sosialisasi pengawas partisipasipatif kepada masyarakat ini sangat baik untuk sanantiasa dilaksanakan, khususnya untuk para pemilih pemula,” jelasnya.

Disisi lain dengan banyaknya pengawas partisipatif, masyarakat akan semakin paham tentang politik. Dengan demikian tingkat partisipatif Masyarakat akan meningkat dan Pemilukada 2024 khsususnya di wilayah Kecamatan Borobudur bisa berjalan lancar dan aman.

“Sukses tanpa ekses, pada setiap tahapan itu yang selalu kami harapkan,” kata Subiyanto.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga menghimbau kepada Masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik agar segera mengikuti rekam El-KTP. Pasalnya sesuai data di Borobudur masih ada 388 orang yang belum memiliki KTP Elektronik.

“Kami menghimbau kepada mereka yang belum memiliki KTP, agar bisa mengikuti rekam EL-KTP  yang akan dilaksanakan di Kecamatan Borobudur pada tanggal 29-31 Juli 2024 bsok,” terangnya.

Sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut melibatkan kurang lebih 50 perserta yang terdiri dari berbagai unsur dan elemen Masyarakat seperti pelajar, karangtaruna, tokoh NU, tokoh Muhammadiyah, Nasrani, dan seniman. Adapun dua orang narusmber yang dihadirkan  yakni mantan Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffudin dan Ketua KNPI Kabupaten Magelang Ariyanto.

Ketua Panwascam Borobudur Mashudi mengatakan maksud dan tujuan diadakanya sosisalisasi pengawas partisipatif, selain untuk ikut mengawasi tahapan pemilihan juga sebagai upaya peningkatan pencegahan pelanggaran pada pelaksanaan pemilukada yang akan datang.

“Mereka kita ajak ikut mengawasi seluruh tahapan pemilukada 2024, dengan harapan bisa menginformasikan secara langsung kepada pengawas jika menemukan terjadinya dugaan pelanggaran.

Dia menyebutkan dalam sosialisasi juga disampaikan adanya pembentukan desa anti politik uang (Desa APU) yang akan segera dibentuk.

“Pembentukan desa APU akan segera dibentuk guna mengajak masyarakat untuk menolak politik uang. Dengan harapan bisa terpilih pemimpin daerah yang bersih dan Amanah,” ujar Mashudi.

Sementara salah satu narusumber Afifuudin dalam materinya menyampaikan secara jelas kepada peserta tentang jenis dan bentuk pelanggaran apa saja yang dapat diinformasikan dilaporkan kepada pengawas. Diantaranya Politik uang, netralitas ASN dan perangkat desa, serta pelanggaran-pelanggaran lainya termasuk pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemilukada.(haq).  

 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply